All posts filed under: Current issues

Kanal News Room – Saluran Informasi Kasus Lumpur Lapindo Perspektif Korban

Leave a comment
Current issues

Kanal News Room – Saluran Informasi Kasus Lumpur Lapindo Perspektif Korban. Kanal News Room (KNR) adalah dapur berita dan data yang menyajikan fakta lapangan, data, dan analisis tentang kasus lumpur Lapindo dengan menitikberatkan pada perspektif pemulihan hak-hak korban. KNR lahir atas inisiatif aliansi masyarakat sipil untuk korban Lapindo pada pertemuan Ciputat 12-13 Juli 2008. Setelah dibentuk tim kecil yang menindaklanjuti dengan langkah-langkah konkrit, KNR berdiri di Porong, Sidoarjo, sebagai lembaga induk yang melahirkan tiga bentuk […]

#Fiksiminthi

Leave a comment
Current issues / Web 2.0

Layaknya di rimba Papua sini, jagat Twitter dipenuhi berbagai macam kicauan. Mulai dari yang merdu hingga yang parau, ada yang mengalun tertata ada juga yang seperti racauan tanpa pola. Ada juga sepertinya yang kepengen jadi burung elang atau burung hantu, menjerit dan mengeluarkan suara aneh di saat-saat tertentu. Di saat tertentu malah terdengar kayak suara kodok. Meriah lah pokoknya. Tapi semenjak beberapa minggu ini, ada sekelompok pekicau aneh yang muncul. Kemunculannya diawali oleh beberapa pemuda […]

Rumah

comments 2
Current issues / Papua / Tentang kota

Sebenarnya ini adalah sebentuk pelampiasan pusing gara-gara istriku sudah mulai bicara soal “punya rumah”. Benar-benar topik idaman para pria beristri…Hehe. Sebenarnya aku juga sudah punya bayangan tempat tinggal ideal. Aku suka sekali mengkoleksi referensi rumah yang nyaman. Sekalipun dalam hal memilih tempat tinggal sering salah pilih. Mulai dari kontrakan rumah yang ternyata gaduh suasana sekitar, berhantu, dan kebanjiran. Beberapa hari lalu aku membeli edisi spesial majalah Rumah Ide di kios majalah langgananku di Timika. Di […]

Belajar Mengelola Air dari Belanda

comments 8
Current issues / Web 2.0

Belum lama ini aku melihat sebuah acara menarik di Discovery Channel. Di acara itu dijelaskan bahwa kota-kota besar dunia sedang berusaha menata dirinya menghadapi perkembangan zaman. Kota besar seperti Chicago misalnya, untuk mengatasi cepatnya laju pertumbuhan kota dan penduduk, sedang membangun kota di bawah tanah. Amsterdam, ibukota Belanda, sedang menata dirinya untuk membuat hal serupa. Tapi masalahnya, jika penggalian dilakukan seperti di Chicago, gedung-gedung kuno di kota itu terancam ambles karena kondisi tanah di bawah […]

Selalu Ada Jalan Lain

Leave a comment
Catatan Perjalanan / Current issues / Papua

Sore itu, langit Jila mulai dirundung awan gelap. Hawa dingin mulai datang menyergap. Tapi entah kenapa saya merasa hawa di Jila tidak sedingin di Aroanop dan tidak mengurungkan niat saya untuk berjalan hanya dengan bercelana pendek ke arah sekolah. Mungkin tubuh saya sudah cukup beraklimatisasi dengan hawa dataran tinggi setelah beberapa kali kunjungan ke beberapa tempat di dataran tinggi Kabupaten Mimika. Tidak jauh dari sekolah yang saya tuju ternyata ada Pak Bambang dan Pak Andre […]

Penembak Misterius di Kaki Gunung

Leave a comment
Current issues / Papua

Siapapun pelakunya, rentetan peristiwa penembakan di sekitar areal Freeport ini telah mencapai target mereka; menyebarkan ketakutan. Sejak ditembaknya rombongan Sesko Polhutkam dua hari lalu, suasana jadi agak mencekam. Warga Kuala Kencana yang beraktivitas di Timika, 20 km dari Kuala Kencana, sudah meninggalkan Timika sejak pukul 4 sore. Di siang harinya sempat ada isu penembakan di Kuala Kencana. Ternyata hanya mobil yang melindas botol kosong. Di saat seperti ini memang mulut manusia jadi lebih efektif dan […]

Pendidikan Dasar di Mimika

Leave a comment
Current issues / Papua

Seperti biasa, sebagian wilayah Timika gelap total kena pemadaman bergilir. Sekali padam tidak main-main, bisa sampai enam jam. Di wilayah yang terkena pemadaman, warga Timika biasanya menghabiskan waktu dengan bercengkrama dengan teman atau keluarga. Tapi di sebuah rumah di daerah Kwamki Baru yang juga terkena pemadaman listrik, Suster Sisilia duduk disinari temaram cahaya lilin. Di sekitarnya ada beberapa anak kecil berusia antara 5 – 10 tahun yang sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing. Sebenarnya anak-anak itu […]

Tahun Astronomi Internasional 2009

comments 2
Current issues

UNESCO bersama dengan International Astronomical Union mencanangkan tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional. Tujuannya cukup menarik; untuk membantu warga dunia merenungkan posisi mereka di alam semesta melalui langit, baik di siang hari maupun di malam hari. Selain itu juga untuk menciptakan ikatan lebih dalam dengan alam semesta. Selama ini langit selalu kita kaitkan dengan ancaman, mulai dari sinar radiasi matahari akibat pemanasan global, meteor ukuran besar yang akan menghantam Bumi. Kita sudah lupa bahwa langit […]

Tolak RUU Anti Pornografi & Pornoaksi

Leave a comment
Current issues

Bikin undang undang kok ga pernah bener. Kalau UU ini berlaku semua mama dan meno di Timika dan seluruh Papua sini tidak bisa bikin tarian perang lagi, tidak bisa bakar batu, tidak bisa upacara adat, dan banyak tidak bisa lainnya. Lebih jengkel tadi siang, udah atm antri lama banget, satpamnya belagu, baju kecipratan kuah rendang, eh lihat berita di tv kok ya liputan demonya organisasi Islam yang memandang solusi masalah syahwat adalah penerapan syariat Islam. […]

Tangkap Habib Rizieq! Bubarkan FPI

comments 2
Current issues

teroris Originally uploaded by absolute onie. Di Surabaya sempat beredar stensilan bergambar wajah Habib Rizieq. Disertai teks: Keyakinan bukan alasan, kekerasan bukan jalan. Stensilan yang aku lihat tertempel di tiang listrik di pertigaan Rungkut. Aku sering melihat tanda tangan si “monica never comes” ini di beberapa grafiti. Ada teman yang bilang penggunaan gambar AK-47 kayanya kurang pas soalnya kan senjata itu banyak dipakai gerilyawan kiri. Hmm…kalau ga salah lambangnya Hizbullah juga ada AK-47-nya kan? Dan […]