All posts filed under: Tentang kota

Bahagia ala Henry Lefebvre

Leave a comment
Buku / Tentang kota / Tokoh

“In 1955, Lefebvre warned how’d we lost Rabelais’s laughter. And in losing it, he said, we’ve lost a big part of our cultural heritage, even lost a weapon in our revolutionary arsenal.” Andy Merrifield Henry Lefebvre, penulis kiri dari Prancis ini awalnya tidak terlalu menarik perhatianku. Mengeja namanya saja aku kesulitan. Sama sulitnya seperti mengeja merk parfum Bvlgari.Aku membayangkan membaca buku Lefebvre akan seperti membaca tulisan Louis Althusser atau Walter Benjamin yang terlalu berat bagi […]

Di Bantimurung

Leave a comment
Catatan Perjalanan / Tentang kota

Teks: Aan Mansyur Foto: Onny Wiranda Di Bantimurung, tadi pagi, aku bertemu banyak bunga, hujan, dan kupu-kupu. Semua nampak murung. Di Gua Mimpi, entah kenapa namanya seperti itu, aku melihat sepasang kekasih berciuman.   Di Museum Kupu-Kupu, ada ratusan jenis kupu-kupu langka beku di dalam kotak kaca.   Di dekat tempat parkir, di kios-kios kecil, banyak kupu-kupu jadi gantungan kunci dan baju kaos.   Di gerbang, ada monyet dan kupu-kupu raksasa yang mengangkang di atas […]

Pesta Natal Berujung Maut

Leave a comment
Papua / Tentang kota

Karnaval peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-65 itu diikuti sekolah-sekolah, institusi pemerintah, dan kelompok masyarakat. Yang menarik, ada sebuah rombongan yang tidak menampilkan keceriaan , tapi kemarahan. Rombongan itu terdiri dari mama-mama yang mengenakan ikat kepala “anti miras” dan memegang botol air mineral yang diisi cairan berwarna pekat kemerahan. Seorang mama menuangkan isi kaleng Coca-Cola ke dalam botol sambil berteriak-teriak dan mengacungkan gelas plastik ke arah penonton karnaval di pinggir jalan. Mereka adalah para ibu […]

Rumah

comments 2
Current issues / Papua / Tentang kota

Sebenarnya ini adalah sebentuk pelampiasan pusing gara-gara istriku sudah mulai bicara soal “punya rumah”. Benar-benar topik idaman para pria beristri…Hehe. Sebenarnya aku juga sudah punya bayangan tempat tinggal ideal. Aku suka sekali mengkoleksi referensi rumah yang nyaman. Sekalipun dalam hal memilih tempat tinggal sering salah pilih. Mulai dari kontrakan rumah yang ternyata gaduh suasana sekitar, berhantu, dan kebanjiran. Beberapa hari lalu aku membeli edisi spesial majalah Rumah Ide di kios majalah langgananku di Timika. Di […]

Onnes Kurkdjian, Fotografer Surabaya

comment 1
Tentang kota

Perkembangan fotografi di Indonesia kerap dikaitkan dengan Kassian Cephas, fotografer mula Indonesia dari Yogyakarta. Padahal selain Kassian Cephas, ada lagi fotografer yang karya-karyanya cukup membantu usaha mengenal masa lalu kita. Salah satunya adalah fotografer dari Surabaya, Onnes Kurkdjian. Onnes Kurkdjian dilahirkan pada tahun 1851 di Armenia. Onnes adalah seorang fotografer yang memproduksi stereograf, rangkaian foto dokumentasi. Salah satu karyanya adalah Ruines d’Armenie, Ani (Reruntuhan Armenia, Ani), satu set foto mengenai reruntuhan bangunan di distrik Ani, […]

Liburan ke Rumah Nandan

Leave a comment
Tentang kawan / Tentang kota

Bahkan cuma untuk berkhayal mau berlibur ke mana kamu tidak bisa? Wah, ndul, hidupmu sudah sampai pada tahap yang mengerikan. Jalan-jalan ke Nandan, yuk. Udah lama ga ke sana. Suasana pagi di Gang Nandan, atau Gang Nanas ya, Dod? Kalo ga salah nama buah-buahan gitu kan? Setelah rumah sebelah kanan itu ada warung tempat kita biasa beli kebutuhan sehari-hari, mulai dari air mineral, rokok, kue keju bantal. Jalan lurus belok kanan kamu akan sampai di […]

Jalan Semarang, Satu Lagi Lembaran Surabaya yang Hilang

comments 3
Tentang kota

Sebagai seorang mahasiswa jurusan desain, Hermawan merasa perlu mengembangkan pengetahuan grafisnya. Selain internet, tempatnya menimba ilmu adalah buku atau majalah desain dari luar negeri. “Kalau beli yang baru dan dari luar negeri, harganya mahal banget, deh.” tutur Hermawan di sebuah siang di Jalan Semarang. Dia berharap menemukan majalah Communication Art terbitan Amerika Serikat. Setelah menelusuri deretan lapak dan kios, Hermawan akhirnya menemukan majalah tersebut di sebuah kios buku seharga Rp.60.000. Harga yang akan baru akan […]

Jalan Semarang, Satu Lagi Lembaran Surabaya yang Hilang

Leave a comment
Tentang kota

Sebagai seorang mahasiswa jurusan desain, Hermawan merasa perlu mengembangkan pengetahuan grafisnya. Selain internet, tempatnya menimba ilmu adalah buku atau majalah desain dari luar negeri. “Kalau beli yang baru dan dari luar negeri, harganya mahal banget, deh.” tutur Hermawan di sebuah siang di Jalan Semarang. Dia berharap menemukan majalah Communication Art terbitan Amerika Serikat. Setelah menelusuri deretan lapak dan kios, Hermawan akhirnya menemukan majalah tersebut di sebuah kios buku seharga Rp.60.000. Harga yang akan baru akan […]

Kelinci atau Guinea Pig Sungguh Bukan Masalah Buat Dia

Leave a comment
Tentang kota

Hewan peliharaan pertamanya adalah seekor kelinci, yang langsung masuk angin begitu tiba di rumah setelah melalui perjalanan dari Bratang hingga Kepanjen. Seorang teman bilang bahwa itu bukan kelinci, tapi guinea pig. Sejenis hamster tapi lebih besar. Kelinci itu meringkuk di kurungan dari kawat. Hanya setangkup kubis di pojok kurungan yang membuat dia merasa bahwa dia masih di Bumi. Hal lain yang membuat kelinci itu yakin dia masih bisa hidup beberapa jam lagi adalah tatapan kosong […]

Sadari Pentingnya Bangunan-bangunan Bersejarah!

comment 1
Tentang kota

Itulah baris dari sebuah iklan layanan masyarakat yang tayang di Kompas Jawa Timur Jumat 19 Oktober 2007. Teks yang mendahului tagline tersebut adalah penjelasan mengenai sejarah gedung yang dulu bernama “Del Algeemene Verzekerings Maatshcapij”. Perancang eksterior gedung itu adalah Jan Toorop. Selesai merancang eksterior gedung itu, Jan Toorop kembali ke Belanda dan menjadi seniman besar Art Nouveau. Gedung itu terletak di Jalan Jembatan Merah Surabaya dan kini ditempati oleh sebuah perusahaan konstruksi PT. Metalco di […]