Onnes Kurkdjian, Fotografer Surabaya

comment 1
Tentang kota

Perkembangan fotografi di Indonesia kerap dikaitkan dengan Kassian Cephas, fotografer mula Indonesia dari Yogyakarta. Padahal selain Kassian Cephas, ada lagi fotografer yang karya-karyanya cukup membantu usaha mengenal masa lalu kita. Salah satunya adalah fotografer dari Surabaya, Onnes Kurkdjian.

Onnes Kurkdjian dilahirkan pada tahun 1851 di Armenia. Onnes adalah seorang fotografer yang memproduksi stereograf, rangkaian foto dokumentasi. Salah satu karyanya adalah Ruines d’Armenie, Ani (Reruntuhan Armenia, Ani), satu set foto mengenai reruntuhan bangunan di distrik Ani, Armenia. Koleksi foto yang dikemas sangat apik itu dilengkapi booklet yang memuat informasi dari setiap foto dalam bahasa Armenia dan Prancis. Pemerintah Rusia, yang saat itu baru saja memasukkan distrik Ani dan Yerevan ke dalam wilayah Kekaisaran Rusia, memandang penerbitan koleksi foto dengan bahasa Armenia dan Prancis sebagai tindakan separatis. Oleh karena itu Onnes kemudian memilih meninggalkan Armenia.

Pada tahun 1885, Onnes meninggalkan tanah airnya dan bertolak ke Singapura. Tapi hanya dua bulan saja dia tinggal di Singapura dan menuju ke Surabaya.

Di Surabaya, Onnes bekerja untuk seorang fotografer Armenia. Akhirnya Onnes mendirikan studio foto miliknya sendiri, Atelier Kurkdjian, di Surabaya yang mempekerjakan tiga puluh fotografer dan beberapa asisten ruang gelap. Kebanyakan foto yang diproduksi studio foto Onnes kini sangat dihargai karena muatan antropologinya. Salah satunya adalah foto-foto yang digunakan di buku panduan pariwisata Come to Java, yang diterbitkan tahun 1922 oleh Biro Pariwisata Hindia Belanda.

Obyek foto dalam buku ini sesuai dengan perkembangan fotografi saat itu, yakni panorama alam Jawa, proyek-proyek pemerintah kolonial seperti perkebunan dan irigasi, serta potret kehidupan masyarakat Jawa pada masa kolonial.

Come to Java


Onnes meninggal di Surabaya pada tahun 1903. Sepeninggal Onnes, perusahaan fotografinya diambil alih perusahaan medis Helmig.

Karya-karya Onnes Kurkdjian bisa dilihat di sini

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

1 Comment

  1. Pingback: Onnes Kurkdjian, Fotografer Surabaya « INFONIE v2.0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s