Kepingan Masa Lalu Warisan Howard Sochurek

Leave a comment
Foto

©Howard Sochurek

Beberapa saat lalu di Facebook, seorang teman menautkan nama saya di sebuah foto. Tidak ada banyak keterangan di foto itu, hanya nama fotografer Howard Sochurek dan tahun 1955 saja yang tertera. Selebihnya adalah kemauan saya sendiri untuk membaca dan menjelaskan foto itu bagi diri saya.

Di dalam foto hitam putih berformat lanskap itu, nampak sebuah panggung pidato yang didirikan di kampung, tepat di depan sebuah rumah. Di sekeliling panggung yang dibebani bendera PKI dan foto Presiden Soekarno dan DN Aidit (?), orang-orang berkerumun. Sebagian besar duduk berjongkok menghadap podium. Mungkin karena tubuh Howard yang tinggi besar memegang kamera, beberapa orang sudah mengantisipasi dengan menoleh ke Howard dan tidak menghiraukan pembicara di podium.

Howard Sochurek mungkin sadar, bahwa dari seluruh rapat partai komunis di seluruh dunia yang pernah dia foto, hanya di Indonesia saja lah para pengunjung duduk berjongkok. Tidak nampak kerumunan yang mendengarkan dengan penuh semangat, hanya sekumpulan orang yang seperti tertarik oleh sosok manusia yang berbicara di tempat lebih tinggi diterangi cahaya lampu. Lebih mirip menghadiri pasar malam. Hanya saja yang dijajakan adalah impian dan harapan akan kehidupan yang lebih baik.

Tapi hanya berselang 10 tahun setelah pemilihan umum yang paling demokratis di Indonesia itu, impian dan harapan akan hidup lebih baik jadi sirna. Orang-orang yang dipotret oleh Howard Sochurek itu pula mungkin yang 10 tahun kemudian menjadi korban Tragedi Nasional 1965. Dipenjarakan tanpa proses pengadilan dan dibunuh tanpa mengindahkan perikemanusiaan. Di Facebook dan oleh seorang fotografer majalah Life pula (yang sampai saat ini belum tahu namanya), foto-foto korban Tragedi 1965 banyak diunggah.

Howard Sochurek | Sumber: Situsweb Nobodycorp

Sayangnya, tidak banyak informasi yang bisa kita dapatkan soal Howard Sochurek di internet. Di situsweb Life, foto-foto Howard Sochurek tidak bisa ditemukan. Foto-foto Howard Sochurek yang merekam Pemilihan Umum Indonesia tahun 1955 bisa dilihat di blog Langit Kata.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s