Burger Monalisa

Leave a comment
Tentang kawan / Tentang kota

ndul,
tadi aku makan burger yang rasanya aneh di jalan kaliurang. banyak banget bawang bombaynya.
sebenarnya aku nggak berniat makan. tadi sore setelah kelar beres-beres rumah, aku ke malioboro mall beli korden. warnanya biru sama ungu. setelah beli aku mendadak pengen banget makan burger. kenapa ya? bayanganku adalah burger yang di jalan sudirman dan burger monalisa di jakal. dua-duanya bukan burger beneran, tapi burger indonesia dan harganya cukup murah. soal rasa rasanya lebih enak yang burger di jalan sudirman.
seperti biasa kemudian aku bimbang memilih jalan. apakah ke sudirman atau jakal. di perempatan apa itu ya, yang ada gramedia, aku berbelok masuk ke gramedia. beli buku soal sejarah gardu di jawa. iya, gardu, tempat pak satpam atau orang kampung biasa nongkrong itu. sekarang sudah jarang ya ndul, kita liat gardu permanen di kampung. kebanyakan bentuknya sederhana saja dan dibuat dari bambu atau kayu. padahal zaman dulu itu yang namanya gardu kebanyakan adalah bangunan permanen (dari batu dan semen). di samping rumah yangti di malang dulu ada gardu yang usianya pasti sudah tua sekali. waktu kecil aku suka duduk-duduk di gardu itu sama anak-anak kampung, padahal tidak jarang bau gardu itu pesing.
baru-baru ini di pundong, bantul, aku liat gardu semacam yang aku liat di malang. tapi sudah penuh coretan tangan dan terlihat kotor. padahal kalau dirawat pasti bagus jadinya. nanti akan aku tunjukkan gambar2 gardu itu buatmu. tapi bukan di sini.
setelah itu aku ke burger monalisa. hehe. namanya kok monalisa, ya. pemiliknya ternyata adalah seorang ibu yang usianya kira 60an tahun. aku pesan burger keju, harganya rp.7500.
sambil makan burger itu aku memandangi orang-orang di jalanan, dan langit yang memerah. kamu ngerasa nggak kalau akhir-akhir ini matahari terlambat tenggelam? sudah jam 18.00 dan masih ada sisa cahaya matahari. di dalam burger itu bukan keju yang banyak aku temukan, tapi bawang bombay. kapan-kapan kita harus nongkrong di situ sore-sore ndul. dan mungkin kamu akan aku curhati dengan burger keju (tapi ternyata isi bawang bombay) dalam bentuk lain yang aku temukan di sini. tetep enak sih, tapi gimana gitu…

oya, kemaren ada segerombolan orang kanada main ke kantor. ada satu yang namanya jesse bochner. orangnya lucu. liat aja penggalan karya dan profilnya.

lupyu

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s