I’d rather dance than talk with you

Leave a comment
Musik


Ranu, akhir-akhir ini aku suka mendengarkan lagu dengan judul di atas. Yang nyanyi band entah dari mana bernama manis; king of convenience. Kalau kamu sudah pernah melihat video klipnya, aku tidak perlu menggelar cerita panjang di sini tentang bagaimana jalan cerita di video klip itu.

Bagaimana?

Sudah pernah? Lagi makan? Ya udah, aku certain lagi aja.

Di situ ditampilkan seorang pria yang rupanya punya hobi menari. Tapi tariannya buruk sekali. Tapi dia cinta sekali dengan tariannya, ditunjukkan ke semua orang caranya menari.

Kamu masih ingat kan cara pepen menari? Seperti itulah kurang lebih.

Suatu saat dia menunjukkan tariannya itu ke sebuah grup balet yang terdiri dari anak-anak perempuan. Awalnya dia ditertawakan, tapi berkat usaha kerasnya, anak-anak itu malah dengan riang mengikuti tarian itu. Bahkan ketika grup balet itu membawakan tarian baru mereka di depan penonton, ternyata para penonton menikmatinya.

Mungkin seperti itu seharusnya menari, melepaskan sejujurnya getaran-getaran yang sepanjang hari kita ikat rapat di antara otot-otot kita. Balet memang bagus, kamu tahu kan aku dulu pernah kursus balet, tapi di balik kesempurnaan gerak ada sisi diri kita yang bersembunyi sambil menangis. Sisi purba diri kita. Atau kalau dalam kata-katamu, sisi kanak-kanak manusia. Bersikap jenaka tanpa terlihat konyol, menjadi riang dengan alasan yang sederhana sekali, merayakan naik-turun kehidupan tanpa berharap banyak.

Raka, jangan marah ya, aku jadi berpikir; I’d rather dance than talk with you. Kamu memang terlihat manis kalau sedang bicara, tapi aku yakin kamu akan terlihat semakin manis jika sedang duduk diam di tepi sebuah pantai di pesisir selatan Jawa Timur. Mungkin itu di Grojogan, Watu Ulo, atau Ngliyep.

Sstt, ini rahasia; aku sudah lupa apa yang aku tulis tadi.

Besok ke kantor jam berapa? Jangan lupa bawa hasil Needs assessment dari pak Jarwo.

Keiko

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s