Damai

Leave a comment
Catatan Perjalanan / Tentang kawan

IMG_1406_res

Damai. Kata ini sering sekali saya ucapkan di gereja, terutama sambil menyanyikan penuh penghayatan bait terakhir lagu Anak Domba Allah. Saya ingin ada kedamaian dalam kehidupan pribadi saya, dalam pekerjaan, dalam hubungan dengan sesama, dan dalam kehidupan berbangsa kita (hadeh…).

Tapi kalau dipikir-pikir selama setahun ini, saya jauh sekali dari apa yang dipesankan Santo Fransiskus dari Asisi. Saya masih sering ikut jadi pihak yang membakar bara perselisihan, minimal ikut mengipasi. Sekalipun perselisihan yang saya maksud itu tidak ada apa-apanya dibanding pertikaian Pak Rizal Ramli dengan Pak Sudirman Said atau antara Pak Sudirman Said dengan Setyo Novanto yang kemudian menggusur sinisme “Damai itu indah” dan “Damai itu 50.000” dengan “Yang penting kita happy.”

Saya dua level di bawah seorang teman dari negeri seberang yang baru saja belajar Bahasa Indonesia dan senang sekali dengan kata “Damai”, hingga dia ingin Damai menjadi nama anaknya kelak.

Karena itu, saya sendiri harus berdamai dengan diri. Mengakui kekurangan dan berharap tahun depan bisa lebih nyata mewujudkan apa yang selalu jadi inti doa, mendapat dan membagikan damai.

Dengan doa teman-teman, bahkan bisa jadi seperti yang dipesankan Romo Dick Hartoko jauh di tahun 1978 yang lampau, saat usia saya masih dua bulan, memiliki “tekad untuk menegakkan perdamaian akibat keadilan, biarpun kita hanya merupakan minoritas, minoritas Abraham.”

Atau seperti paitua Mozes Kilangin, yang bersama-sama berdoa dengan para anggota dua keret/marga yang sudah berdamai, minta ampunan Tuhan atas kesalahan yang dilakukan dengan berperang.

Selamat Natal. Selamat menghayati dan menjalankan Damai.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s