Review Situsweb – Literacy Bridge

Leave a comment
Papua / Web 2.0

Screenshot situsweb Literacy Bridge

Dulu aku biasa nulis soal review situsweb di blog-ku yang lama.  Tapi karena kita sepakat bahwa yang sudah lewat biarlah lewat maka aku tulis di sini, dan semoga aku tetap akan nulis review situsweb di sini. Perlu disepakati sekali lagi bahwa; karena saya bukan praktisi IT dan desainer maka review ini kesannya amatiran sekali.

Halaman awal situsweb Literacy Bridge ini sangat bagus sekali. Pengunjung langsung akan terjerat banner gambar besar yang berganti setiap beberapa detik. Situsweb ini milik sebuah lembaga yang memiliki program unik; membangun literasi masyarakat di Ghana, Afrika, dengan audio book dan bukan dengan buku. Lebih jelas soal lembaga ini bisa klik di halaman ini.

Aku jadi ingat kata istriku yang sekarang mengajar di sekolah internasional, “yang penting anak itu bisa membangun logika berbahasa dulu baru diajar menulis, bukan kebalikannya”.Di Papua sini, anak masih susah membaca sampai SMP karena para guru menekankan anak untuk bisa menulis. Itu pun kalau gurunya ada di tempat tugas.

Desainer situsweb ini tahu bahwa koleksi foto adalah aset tapi juga bisa jadi bencana, seperti yang layaknya kita jumpai di situsweb LSM atau lembaga yang menjejali situswebnya dengan foto. Tidak semua halaman di situsweb ini dihiasai foto. Nampak benar bahwa foto-foto yang diunggah menunjukkan penggunaan alat yang disebut Talking Book, ada ibu-ibu, bapak-bapak di ladang, anak sekolah, yang menggunakan Talking Book.

Tapi sayangnya di halaman testimonial, yang bersaksi tentang alat itu adalah para bapak dan ibu, anak-anak tidak nampak entah kenapa.

Pemilihan dan penempatan foto yang cermat diimbangi dengan pemanfaatan ruang yang efisien bagi teks. Tidak serta merta sang desain menjejali situsweb dengan teks sampai pengunjung harus menelusur browser jauh ke bawah.

Yang bikin agak membosankan mungkin latar belakang situsweb yang berwarna coklat. Jadi ingat salah satu template blog di WordPress. Satu-satunya bagian yang menjadi aksentuasi adalah tombol “Donate now” di pojok kanan atas.

Situsweb ini bisa jadi referensi yang pas bagi LSM atau lembaga yang ingin memajukan pendidikan di daerah seperti Papua dengan memanfaatkan teknologi.

Selamat membaca….

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s