Bayangkan Jika Bencana itu Menimpa Rumahmu

Leave a comment
Web 2.0

Ternyata seluas provinsi Jawa Timur!

Setahun yang lalu, di sebuah acara pentas seni di Surabaya yang diadakan untuk mengenang 3 tahun peristiwa lumpur Lapindo, seorang orator berteriak lantang;  “bayangkan jika desa Renakenongo adalah rumahmu, bayangkan jika lumpur Lapindo itu muncul di halaman depan rumahmu di manapun di Surabaya, apa yang akan kalian lakukan?”

Bagi kebanyakan hadirin di acara itu, pertanyaan itu sudah tidak perlu dipikirkan lagi. Sudah jelas Lapindo salah! Bakrie taek asu! SBY presiden bencong!

Tapi tentu tidak demikian dengan orang-orang yang sambil lalu lewat di depan Taman Apsari malam itu.

Bicara soal luas daerah yang tertimpa luapan lumpur Lapindo, kita kerap kali hanya melihat foto atau membaca di koran, atau melihat langsung di lokasi. Tapi kerap kali kita kurang bisa membayangkannya, atau membuat para pengambil keputusan di negeri ini jadi bisa membayangkan seberapa parahnya lumpur Lapindo.

Aku pernah baca di koran para korban lumpur Lapindo membawa lumpur Lapindo ke halaman DPR di Jakarta sana.  Usaha semacam itu yang perlu dilakukan. Mendekatkan mereka di Jakarta dengan bencana.

Rasanya di Indonesia perlu ada yang membuat situsweb seperti ifitweremyhome.com. Situsweb ini dibuat dengan tujuan untuk mendekatkan kita dengan besarnya dampak sebuah bencana, baik alam maupun akibat ulah manusia, dengan diri kita.

Bagi pengampu situsweb tersebut, mengajak orang membayangkan jika bencana itu menimpa daerah mereka jauh lebih mengena katimbang menyajikan sederet fakta.

Ada dua kejadian yang mereka tampilkan di situsweb, bencana tumpahan minyak BP di Teluk Meksiko dan bencana banjir Pakistan.

Setelah kita memilih tumpahan minyak BP misalnya, akan muncul tampilan Google Map. Lalu tulis nama daerah kita di kolom yang disediakan.

Surabaya, misalnya, lalu klik “move the spill” dan lihatlah hasilnya. Ternyata tumpahan minyak British Petroleum di Teluk Meksiko itu bisa menutup hampir seluruh provinsi Jawa Timur dan bahkan se-Kabupaten Mimika!

Selamat mencoba. Dan siapa tahu kamu mau menyempatkan waktu untuk menulis kepada mereka, meminta membuat fitur di situsweb itu untuk menggambarkan lumpur Lapindo.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s