Mimika Air

Leave a comment
Papua
Pesawat Mimika Air

Pesawat Mimika Air

Jatuhnya pesawat Mimika Air di Gunung Gergaji di perbatasan Distrik Biloga dan Mulia beberapa waktu lalu ternyata juga berdampak pada dunia pendidikan. Pesawat naas itu rencananya akan digunakan Dinas P&P Kabupaten Mimika untuk mengantar materi dan pengawas Ujian Nasional tingkat SD akhir April ini. Kalau tidak segera dicari solusinya bisa jadi jadwal Ujian Nasional akan mundur.

Selama ini Mimika Air melayani penerbangan ke pedalaman Mimika seperti Jila di daerah gunung dan Potowayburu di pesisir barat Mimika. Terakhir aku melihat Mimika Air di Jila. Entah mereka datang untuk mengantar apa ke Jila. Mungkin logistik Pemilu.

Selain Mimika Air, lembaga penyedia transportasi ke pedalaman adalah AMA, Trigana Air, dan Airfast. Khusus Airfast mereka melayani penerbangan ke pedalaman dengan helikopter, jadi bisa mendarat di bagian mana saja di Mimika tanpa perlu landasan, cukup helipad.

Tapi di daerah seperti Papua ini bukan hanya masalah ketersediaan tempat untuk pendaratan pesawat kecil/helikopter saja. Rute yang ditempuh kerap kali melewati pegunungan yang terjal dan menyediakan banyak jebakan alami. Pilot Mimika Air saya yakin bukan orang yang ceroboh. Mungkin saat itu dia harus membuat keputusan tepat dalam waktu yang sangat mendesak dan dalam keadaan cuaca yang (semakin) tidak bisa ditebak saat ini.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s