Menjelajah Dunia Maya

Leave a comment
Web 2.0

Ada fenomena komunikasi dewasa ini yang cukup layak menjadi perenungan kita, bahwa perkembangan internet harus diikuti dengan kepemilikan gadget. Maka, semakin seringlah kita melihat kafe dipenuhi orang yang membawa laptop dan tangan-tangan yang mengenggam iPhone atau Blackberry, tapi tidak bisa memanfaatkan internet dengan efektif. Perkembangan teknologi mestinya memacu produktivitas, dalam kerja maupun peningkatan kapasitas pribadi.

Padahal selain efektif, internet tentu juga harus ekonomis. Buat apa harus beli iPhone atau smart phone lainnya jika kita tidak harus mengirim berita atau membuka kotak surat setiap hari? Ini bukan pembelaan bagi yang berkantong cekak seperti mahasiswa atau pekerja produktif tapi defisit melulu seperti saya ini, tapi saya yakin semua pengembang program internet bertujuan memudahkan kehidupan tanpa harus menambah beban baru dan dengan niatan menjadikan internet sebagai ruang luas tak terbatas untuk berbagi ilmu dan pengetahuan oleh siapa saja.

Pemerintah sebenarnya sudah cukup tanggap dengan perkembangan internet, dengan mengembangkan Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) dan Buku Seri Elektronik (BSE). Tapi masih perlu usaha keras untuk menyinergikan upaya itu dengan pengaruh kuasa modal dalam perangkat keras pendukung internet, seperti komputer dan laptop murah.

Sementara itu kita, di komputer kantor dengan koneksi yang memble, komputer warnet yang sudah butut, atau komputer pribadi di rumah, setiap hari diiming-imingi laptop murah, smart phone dan berbagai gadget lainnya. Sembari kita membayangkan semua benda itu, kita tersesat di jagat dunia maya, tercangkul di dalam berbagai program social networking (jejaring sosial) macam Friendster, Facebook, atau Myspace.

Sebuah survei di majalah BusinessWeek edisi Juli 2007 menempatkan Jakarta sebagai kota yang paling banyak melakukan aktivitas di ranah blog, jauh di atas Beijing dan Mumbai. Tapi kenapa Indonesia tidak banyak bicara di dalam perkembangan dunia internet seperti India? Kenapa kampanye Visit Indonesia Year 2008 tidak cukup banyak berbicara di jagad maya? Pertanyaan-pertanyaan itu patut kita imbangi dengan beberapa torehan prestasi generasi muda yang mampu menggunakan keuntungan internet.

Saya yakin bahwa juga banyak orang yang memikirkan produktivitas kita berinternet, dan suatu saat pasti akan jadi gerakan semacam menggunakan listrik dengan efektif. Saat ini saya hanya akan mengajak berbagi kiat dan siasat menggunakan internet dengan efektif dan produktif menurut bidang kerja dan minat kita masing-masing.

Baca lebih lanjut >>

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s