Menelusuri Jejaring Rahasia Exxon

comment 1
Current issues / Web 2.0

Berbeda dengan microsite bikinan Greenpeace Inggris Raya yang memaparkan penggunaan berbagai macam energi alternatif, microsite bikinan Greenpeace Amerika Serikat ini malah mengajak kita mengurai berbagai organisasi dan individu yang menentang pemanasan global. Mungkin karena di Amerika Serikat, Greenpeace harus menghadapi kekuatan korporasi-negara yang sangat solid dan tidak terlihat. Dalam hal ini yang coba diurai oleh Greenpeace AS adalah Exxon Mobil.

Konferensi para pemimpin negara-negara di seluruh dunia di Bali beberapa bulan lalu berakhir dengan dramatis. Setelah pergantian pemimpin, Australia yang sebelumnya menolak Protokol Kyoto akhirnya berubah haluan dengan menerima protokol yang mengatur emisi tersebut. Menjadikan Amerika Serikat sebagai satu-satunya negara yang tidak menerima protokol tersebut dan tidak menerima road map untuk mengatasi perubahan iklim yang akan menjadi acuan gerakan selanjutnya. Penggunaan istilah ”climate change” dan bukan ”global warming” sebenarnya sudah cukup jadi penanda bahwa ada yang menang dalam pertarungan awal; pertarungan antar manusia, sebelum akhirnya manusia mempertaruhkan nasibnya menghadapi buah keserakahan mereka sendiri.

Climate change (perubahan iklim) berangkat dari pandangan bahwa ada proses alami yang sedang terjadi, sama seperti zaman es kecil. Dengan menggunakan istilah itu maka peran manusia sama sekali tidak ada. Jadi, mungkin ada dua posisi yang hendak ditawarkan dalam preposisi di atas: umat manusia tidak bersalah dan semua manusia bersalah dalam terjadinya perubahan cuaca.


Sekilas microsite Greenpeace Amerika Serikat ini mungkin terlihat kontraproduktif. Terutama jika dibandingkan dengan microsite bikinan Greenpeace Inggris. Buat apa kita menelusuri jejaring rahasia para penentang Global Warming, yang ternyata terbentang luas dari para politisi di Gedung Putih, lembaga pemerintahan AS, pengusaha, dan ilmuwan di lembaga yang terlihat netral.


Dalam disclaimer disebutkan bahwa informasi dalam microsite tersebut tidak sepenuhnya akurat dan lengkap. Pengecekan paling lengkap dan menyeluruh terakhir kali dilakukan pada tahun 2004. Disebutkan pula bahwa microsite ini diprakarsai oleh riset mengenai gerakan anti lingkungan hidup yang dilakukan CLEAR,(the Clearinghouse on Advocacy and Environmental Research).


Tapi jika kita tempatkan pada konteks gerakan menghadang global warming, materi yang disuguhkan microsite ini cukup kontekstual, dari mana lagi selain dari Amerika Serikat datangnya sekumpulan orang dengan cukup uang untuk menepis wacana dan kenyataan global warming dan untuk mengamankan posisi dan tambang uang mereka.


Dari sisi komunikasi, microsite ini usaha yang bagus untuk memvisualkan berbagai entitas yang selama ini tidak terlihat dan pengemasan informasi yang menarik.


Selamat menelusuri….

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

1 Comment

  1. keripik says

    kapan anda membahas tentang micrompik???? micrompeeeeeeeeekkkkk!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s