Soal Hasif Amini,

comment 1
Tokoh

dan sedikit tentang puisi

Setelah sekian lama aku diamkan, tadi malam aku baca-baca koleksi tulisan Hasif Amini. Sekarang rasanya Hasif Amini sudah tidak pernah menulis di Kompas lagi. Kok bisa, ya. Aku selalu kesulitan memahami puisi. Tapi membaca tulisannya Hasif Amini, aku jadi suka puisi, atau tepatnya perpuisian. Seolah esai Hasif Amini itu sendiri adalah puisi yang sedang bercerita tentang puisi. Tidak hanya puisi di Indonesia, tapi juga di Islandia (aku paling suka esai Hasif Amini yang judulnya ‘Es’), Eropa (tentang Maria Rilke kalo ga salah).

Populasi buku puisi di rak bukuku tidak banyak. Mungkin cuma ada 10 buku. Buku puisi terakhir yang aku beli adalah antologi lengkap puisi-puisinya Joko Pinurbo (mulai dari ‘Pacar Kecilku’, ‘Di Bawah Kibaran Sarung, dan apa ya… ‘Di Celana’ apa ya?). Sebelumnya aku cuma fotokopi ‘Arsitektur Hujan’nya Afrizal Malna. Dari 10 buku itu hanya punya Joko Pinurbo dan Hasta Indriyana yang sering aku baca. Buku-buku yang lain cuma jadi pemenuh rak bukuku yang sekarang semakin hancur diserang ngengat dan hawa pantai.

Mungkin aku harus pergi ke pantai membawa beberapa buku puisi yang aku suka dan yang sekiranya pas dengan suasana pantai. Aku pernah mencoba sebenarnya. Tapi apa yang hendak kamu tulis jika kepalamu lebih ingin merekam semua yang kamu lihat dalam bentuk yang lebih menyerupai sebuah potret? Bangkai seekor kucing yang mengapung tetap sebagai bangkai seekor kucing yang mengapung di sebuah pantai berpasir hitam di sebuah sore yang tenang. Seseorang berusaha melemparkan puntung rokok ke laut, tapi gagal.

Setelah membaca dua esai aku putuskan untuk mengganti judul file yang dulu aku rubah jadi satu nama semua ‘hasifaminis’. Ada dua yang aku baca, ‘Derau’ dan ‘Es’.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

1 Comment

  1. aku lagi mengumpulkan tulisan hasif di rubrik TILAS itu. boleh gak ya saya dikirimi file tulisan yang sempa Anda koleksi itu? kalau boleh kirim ke email saya ya…pls.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s