Substance D

comment 1
Film


scanner darkly
Originally uploaded by absolute onie.

awalnya aku kira film ini akan jadi film yang akan bisa membuat akhir mingguku jadi menyenangkan. ternyata malah kebalikannya. film yang ternyata adaptasi dari novelnya mas philip k. dick ini bikin aku jadi ingat novel neuromancer-ku yang aku berikan ke puthut (padahal aku belum selesai baca) dan sebuah film animasi yang judulnya ‘waking life’ (2001). konon genre film semacam ‘a scanner darkly’ dan ‘waking life’ itu namanya rotoscope.

adegan pembukanya akan langsung bikin kamu bangkit dari kursi atau tempat tidurmu: si charles (rory cohcrane) yang sedang kebingungan karena dirubung serangga sampai dia mandi berkali-kali dan tetap saja serangga warna hijau itu mengerubungi dia dan merayap di seluruh kamarnya. behh….

ternyata si charles itu kecanduan obat yang namanya ‘substance d’. obat ini tidak akan kamu temukan di masa kini, mungkin beberapa tahun mendatang. sekalipun obat yang bisa membuat otak pecandunya menjadi kacau sudah banyak kita temukan.

seperti film dystopis lainnya, film ini berlatar belakang masa depan yang tidak begitu jauh. sudah lewat lah rasanya masa film2 tentang masa depan yang jauh sekali (tahun 3030 misalnya) dan manusia yang dijadikan budak alien atau bumi yang hancur karena perang nuklir.

bumi yang kita lihat di film ini adalah bumi yang kita diami saat ini. satu-satunya benda dalam film ini yang membuat kita berpikir bahwa bumi tempat charles hidup bukan bumi yang kita kenal, adalah ‘scrambler suit’, pakaian yang membuat pemakainya tidak bisa diidentifikasi karena selalu menampilkan berbagai macam sosok manusia.

pakaian itu dipakai oleh bob arctor (keanu reeves), seorang pecandu ‘substance d’ yang menyamar jadi agen rahasia polisi (nah baru kali ini kan ada pecandu yang menyamar jadi polisi).

si bob muncul di adegan yang tidak kalah kerennya. dia jadi pembicara tamu di sebuah acara amal yang diadakan sebuah organisasi yang memerangi pemakaian dan peredaran ‘substance d’. sedianya dia akan memberikan testimoni sebagai seorang mantan pecandu ‘substance d’. tapi ujung2nya dia malah mempertanyakan kenapa orang bisa kecanduan ‘substance d’, bagaimana tata masyarakat membuat orang tidak memiliki banyak pilihan. dan kalau tidak salah dia mempertanyakan bagaimana orang2 yang menderita sakit keras tapi ternyata malah tidak bisa mendapatkan obat karena harga obat mahal sekali.

akhirnya testimoni yang subversif itu diinterupsi oleh polisi yang berbicara melalui ‘scrambler suit’ yang dikenakan bob.

si charles dan bob tinggal serumah dengan orang gila yang namanya aku lupa (robert downey, jr.) di daerah suburban di luar anaheim, california, amerika serikat. sebelumnya bob tinggal di rumah itu bersama keluarga kecilnya yang bahagia. tapi gara2 kepala bob membentur lemari, hidup bob jadi berubah total; dia mulai kecanduan substance d.

aha. satu lagi yang bikin dunia mereka terasa akrab dengan kita; mereka tinggal di masyarakat yang terkontrol. keberadaan seseorang bisa dilacak hanya dengan menyadap telepon genggam. orang memang bisa bebas berteriak di jalanan memrotes ketidakbecusan pemerintah, tapi kalau sudah memrotes hubungan pemerintah dengan perusahaan yang berusaha memerangi keberadaan ‘substance d’ kamu akan ditangkap begitu saja. mungkin kayak mas2 mahasiswa di indonesia yang sekarang sering demo mengajak masyarakat menangkap koruptor, pasti dibiarkan saja. tapi kalau udah ngomong soal bisnis militer atau ketundukan pemerintah terhadap imf atau bank dunia, bisa dipastikan mereka yang demo akan dapat hadiah bogem atau badan pegal2 kena pentung polisi.

dan ternyata orang di film itu yang memrotes perusahaan yang memerangi ‘substance d’ benar adanya. perusahaan itu namanya ‘new path’ dan memang ternyata perusahaan itu yang memroduksi ‘substance d’.

si bob yang akhirnya masuk ke lembaga rehabilitasi menemukan bahwa di antara hamparan luas ladang jagung tumbuh jutaan benih bunga berwarna ungu.

sampai bob masuk lembaga rehabilitasi, dia tidak tahu bahwa bosnya yang juga mengenakan ‘scrambler suit’ dan setiap hari dia temui di kantor ternyata adalah kekasihnya sendiri (winona ryder).

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

1 Comment

  1. Carol Limongan says

    Berat rek Mas-ku sing satu iki..
    Waking Life itu sempet kita liat bareng ya. Atau tepatnya kita semua berusaha keras untuk melihatnya hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s