frank_zappa

comment 1
Musik

frank_zappa
Originally uploaded by absolute onie.

pada tahun 1965, zappa masih tinggal di cucamonga, daerah rural amerika. dalam keadaan bangkrut, dengan pacarnya dan beberapa temannya zappa mengelola sebuah studio rekaman dan kerap tampil di klub-klub di kota terdekat dari cucamonga.

harap maklum, cucamonga adalah tipikal kota tahun 60-an amerika serikat yang kental budaya kekolotannya (dan bisa jadi sampai sekarang). kurang lebih sama dengan gambaran kota salt lake city di film slc punk.

entah dengan alasan apa, zappa berniat membuat sebuah film sains fiksi. dibelinya sebuah flat seharga $50 dan membuka audisi.

selain warga cucamonga, yang tertarik dengan audisi ini adalah pihak kepolisian cucamonga. salah satu anggota mereka, sersan detektif jim willis ikut audisi untuk peran senator gurney (yang menurut zappa sendiri adalah peran bajingan).

selain ikut audisi, pak willis tadi juga menawari zappa untuk membuat rekaman film untuk pesta pribadinya. zappa tidak tahu bahwa si willis itu adalah detektif yang biasa disewa polisi untuk menjebak orang.

singkat cerita, zappa setuju dngan tawaran willis. imbalan $100 tentu cukup mengiurkan bagi orang dengan kondisi finansial seperti zappa.

zappa tidak menyadari bahwa dirinya dan komunitas musiknya digolongkan sebagai musuh masyarakat.

akhirnya, malam harinya, zappa dan pacarnya (lorraine) merekam suara-suara orang yg lagi ml. caranya? bukan dengan ml beneran,tp cuma menggoyang2 ranjang mereka dan membuat suara-suara nan saru.

esok harinya, willis muncul membawa uang imbalan. pas saat transaksi berlangsung, polisi dan wartawan muncul dan langsung menangkap zappa.

atas bantuan beberapa teman,zappa dan lorraine bisa dikeluarkan dari tahanan. tapi proses pengadilan yang panjang menunggu mreka. di media massa, citra zappa dan lorraine sudah duluan dihukum.

sejak itu zappa tidak pernah lagi mempercayai sistem pemerintahan amerika serikat dan jargon “american way of life”.

bukannya mengubur dalam2 kenangan buruknya, zappa memastikan bahwa rekaman suara oral seks itu terdengar di setiap albumnya, membasahi masyarakat amerika serikat dan kebudayaannya yang dangkal dan munafik.

dilahirkan dari keluarga imigran italia di amerika, zack sama sekali ga pernah kepengen jadi musisi rock. dia malah pengen komposer musik klasik.

sejak tahun 1966 hingga tahun 2003, zappa teah menghasilkan 71 album. gila. anehnya banyak orang ga ngerti mas yang satu ini.

coba saja dengarkan album zappa seperti; sheik yerbouti, hot rats, atau strictly commercials. dan tentukan; who’s imitating who.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

1 Comment

  1. Anonymous says

    Splogs Clog Blogosphere
    “We would get surges of it — as many as 200 to 300 within two hours; we couldn’t blacklist the [spammers’ online] addresses fast enough,” one blog system administrator said.
    Just like so many Americans my friend loves the clubs and club music lyrics so he went ahead and built an awesome website about club music lyrics. When he’s in high spirit he goes to the site and start reciting all his favorite club music lyrics. Says it’s good for the heart. Guess what? I gave it a shot and it works great!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s