Yogya malam ini

comments 4
Catatan Perjalanan / Tentang kota

full moon @yk [astrid]
Originally uploaded by absolute onie.

yogya malam ini seperti malam minggu biasanya.rame di beberapa ruas jalan.sesekali ada iring2an mobil atau motor. aku baru keluar am 12malam setelah seharian menyekap diri di kamar dan memaksa mataku memandang peta-peta khayalan di komputer. makan nasi uduk di jakal, kenyang lalu menanyakan kabar panjul. ternyata dia sedang ada acara sama vero dan beberapa kawan di aky. berarti sudah tuntas urusannya dengan si takuro.

setelah beberapa sms akhirnya aku jalan ke aky. mampir di warung beli pecel lele buat panjul. ada segerombolan pemabuk yang muntah sembarangan. asu. untung aku sudah makan.

di aky ternyata ada mumu anwar, faiz dan asep (sudah tidur). takuro sudah tidur di kamar pak lan. capek seharian diajak panjul jalan2 ke prambanan dan borodudur dan melihat sawah2 yang membentang diantara dua candi itu.

tadi aku suruh panjul menanyakan biaya rental motor ke takuro. tapi panjul ga tega, katanya; lha wong iki yo anake tani je (dia ini anak petani juga). ya takuro memang bukan jepang kaya. mungkin moyangnya dulu juga terpaksa jadi serdadu nippon dan mati di belantara asia. kata takuro dia memang kuliah s2 di kyoto tapi dia asli orang ishikawa (daerah di utara jepang). pas aku ajak takuro makan di depot di jl.monjali, dia agak bergidik takut mahal. dia biasa masak sendiri, hemat.

wajahnya memang bersahaja,tapi penuh selidik. aku jadi ingat wajah orang korea temanku kuliah dulu.tapi setelah beberapa hari aku lihat takuro ini memang bersahaja dalam arti sebenarnya, sikapnya, cara bicaranya yang “menunduk”.

mungkin saja dia pelit, kata anwar. ya bisa jadi. tapi dia baik dan aku pikir dia punya cukup alasan u jadi pelit.

hehe. panjul dan takuro dua orang anak petani yang sedang menjajal indahnya dunia petani. kalo kemaren aku lihat cara panjul berinteraksi dengan takuro memang terlihat petani banget, tidak ada yang memimpin tidak ada yang lebih tahu tidak ada yang paling tinggi. keduanya terlihat setara. tapi tanpa sikap pekewuh. sebagai teman saja. sesama manusia rural.

oke, selamat jalan takuro. semoga sukses studimu dan berguna pengalaman di sini. salam bagi orang tuamu. kira-kira sama tidak hijau yang kau lihat di sawah sini dengan sawah di negerimu?

panjul sudah tidur.capek setelah jalan2 dan vodka dan ngomong semalaman. aku mau pulang setelah ini.

yogya malam ini masih gila.tapi lebih puitis dibanding malam2 minggu yang lalu.

trid fotomu aku pakai ya.

The Author

Mungkin kamu pernah kenal aku. Sementara ini aku tinggal di Timika, Papua.

4 Comments

  1. yang-terlupakan says

    hai, ini onny yang kul di petra itu kan? yang pernah aktif di lmnd itu kan?

    nah, aku dian ara, yang pernah kul di petra juga, yang sempet ngikut-ngikut lmnd juga. yang sering kau maki karena kerja di jawa pos itu lho… inget gak?

    tukeran link yuk

  2. J. Yosita says

    hi there….next time when u visit me u have to teach how to make this blog…seems like interest for me. Mikir2 buat ngisi waktu when my maternity leave comes,,kira2 Jan – March…ups its a long holiday. Hopefully when u visit your niece next time, i already buy a new PC.

    Luv,
    Your sister
    Josephine

  3. perempuanku says

    apakah komunitas jogjamu bener2 seperti itu mo? sepertinya aku bisa berteman disana….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s